Venna Puspita Sari, salah satu siswi SMK NEGERI 1 yang menduduki kelas ASTRA dengan Bapak Suparno sebagai wali kelasnya. Tidak terlalu handal dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia, tidak mengetahui hobi, bakat dan cita-citanya. Gadis berkelahiran Samarinda, 1 Juni 1997 ini tidak juga memiliki kemahiran dalam membuat blog seperti yang dianjurkan guru pelajaran TIK disekolahnya. Jadi apabila blog ini kurang memuaskan mohon dimaklumi.

Sabtu, 15 Januari 2011

Musik Tradisional Sunda Adaptif, Terdapat 347 Genre Musik Sunda

Bandung, Kompas - Musik tradisional Sunda mudah beradaptasi. Salah satu pendorongnya adalah kreativitas dan inovasi yang tinggi dari para senimannya. Hampir setiap dekade selalu muncul genre musik baru, yang bisa diterima oleh seni tradisional budaya lain.
"Musik Sunda berproses terus menerus. Tradisi tidak dipegang begitu saja dengan kaku, tetapi justru menjadi pijakan untuk pengembangan seni selanjutnya," tutur pencipta lagu Sunda, Nano Suratno, Jumat (17/3), di Bandung.
Menurut Nano, para seniman Sunda memiliki kebebasan yang memungkinkan kreativitasnya terus berkembang, dan tidak terkekang oleh tradisi. "Kalau ada pengaruh seni dari luar, tidak akan ditelan begitu saja, tetapi dimodifikasi dengan instrumen seni Sunda yang ada. Contohnya, ketika ada gitar, orang Sunda malah memain-kannya dengan suling, jadilah gitar dan suling atau tarling," kata Nano.
Sementara menurut Tatang Rohimin (59), Ketua Kelompok Musik Tradisional Gending Kawangi, inovasi itu dimungkin-kan karena musisi memiliki pendidikan yang tinggi. Di kelompoknya, kata Tatang, sebagian besar pemusik anak muda. Namun, tahun ini ia merekrut para pemusik senior berusia 80-an untuk menciptakan kerja sama antara pemusik muda dan tua agar inovasi musik makin berkembang. Lintas budaya
Ismet Ruchimat, Ketua Komunitas Sambasunda, dan dosen Jurusan Seni Karawitan, Sekolah Tinggi Seni Indonesia, Bandung, mengatakan, musik Sunda berkembang karena konsepsi musik rakyatnya kuat.
Selain itu, lanjut Ismet, pekerjaan orang Sunda sebagai petani huma yang hidup berpindah-pindah membuatnya lebih fleksibel. Tahun 1987, tercatat ada 347 genre musik Sunda. Genre yang cukup besar adalah gamelan, kecapi, dan musik-musik dari instrumen bambu.
"Genre yang cukup besar pengaruhnya adalah genre wanda anyar karya Mang Koko, yang memiliki struktur, komposisi, melodi, dan harmoni baru dengan syair sosial," ujar Ismet.
Sementara itu, Nano Suratno memopulerkan prakpilingkung atau keprak, kecapi, suling, dan angklung dengan mencipta kawih Sunda. Sekitar 1970-an, Gugum Gumbira menciptakan jaipongan. "Musik jaipong punya konsep musik yang sangat baik, mampu memasuki budaya lain di Indonesia, bahkan internasional," kata Ismet menambahkan.
Beberapa bagian dari musik jaipong, kata Ismet, seperti kendang jaipong dipakai oleh grup musik jazz Krakatau.
Sayang, lanjut Ismet, terjadi penurunan minat mahasiswa untuk belajar musik Sunda di institusi pendidikan. Sementara di kalangan masyarakat, penurunan minat itu terjadi, tetapi tidak besar. Di Karawang, misalnya, masih banyak anak muda yang bermain musik tradisional. Padahal di luar negeri, peminat musik Sunda cukup tinggi. Ismet menjadi dosen tamu di berbagai universitas, antara lain Ohio University dan Virginia University.
"Saat ini yang menjadi persoalan, bagaimana membuat generasi muda ingin tahu musik Sunda," tutur Ismet.
Melalui komunitas Samba Sunda, Ismet mencoba membangkitkan minat generasi muda terhadap musik Sunda, yaitu dengan memainkan kolaborasi musik Sunda dengan musik barat yang sedang populer. (D11/ynt)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar